LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER

Sebelum memulai materi pada hari ini, apa pengertian logika dan algoritma menurut anda? dan apa hubungan kedua kata tersebut? Coba renungkan dengan baik !

Kedua kata tersebut saling berkaitan satu sama lainnya. Logika di kaitkan erat dengan kecerdasan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi. Begitu pula dengan komputer bekerja berdasarkan logika dan harus algoritma agar masalah yang di sajikan dapat terselesaikan sesuai harapan.


1. Logika
           Logika berasal dari Bahasa Yunani kuno yaitu logos yang berarti 'hasil pertimbangan akal pikiran yang di utarakan lewat kata dan dinyatakan dalam Bahasa', atau di sebut dengan logike episteme (logica scientia :Bahasa Latin) ,ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Dapat pula di artikan dengan masuk akal.
            Berikut manfaat yang dapat di ambil setelah mempelajari logika antara lain:
1). Dapat menggunakan asas sistematis.
2). Daya pikir lebih tajam dan berkembang.
3). Dinamis.
4). Jujur.

2. Algoritma
       Algoritma diartikan sebagai urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
       Dalam dunia komputer algoritma, merupakan sistem kerja komputer yang berisikan perintah terintegrasi pada brainware, software, dan hardware. Tanpa komponen tersebut komputer tidak akan dapat dioperasikan. Dalam hal ini, algoritma yang mudah dibaca adalah menggunakan bagan alir.
       
3. Bagan Alir
        Bagan alir (flowchart) adalah diagram simbolik yang menunjukkan aliran data dan urutan operasi dalam sistem. Menggunakan teknik analisis untuk mendeskripsikan perintah secara jelas, ringkas dan logis. 
        Bagan alir mempresentasikan grafik sistem perintah agar terkait satu dengan yang lainnya. Bagan ini, dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu:
1). Bagan alir sistem, yaitu diagram arus data melalui rangkaian operasional dalam pemrosesan data otomatis. 
2). Bagan alir dokumen, yaitu diagram arus dokumen melalui departemen atau melalui organisasi.
3). Bagan alir program, yaitu diagram arus suatu proses yang harus di jelaskan dengan jelas serta dibutuhkan seorang auditor untuk menjelaskan diagram tersebut.
       Fungsi dari diagram alir adalah (1) mendokumentasikan proses lebih terorganisir, (2) mendapat kejelasan dalam memecahkan masalah, (3) sebagai gambaran untuk membuat program, (4) sarana komunikasi.
        Berikut adalah contoh bagan alir dari pemecahan masalah "menghitung luas segi tiga" simak gambar dibawah dengan cermat.
flow chart



4. Command prompt
            Command prompt adalah jendela pada windows yang berfungsi menjalankan perintah DOS. Jendela ini dapat di akses baik secara daring maupun luring. 
             Jendela ini sering di gunakan para perentas untuk melakukan hal yang mereka inginkan. Umumnya para pengguna menjalankan perintah ini untuk mengetahui koneksi jaringan.
             Fungsi jendela ini antara lain: 
1). Mengetahui status aktivasi windows.
2). Memperbaiki bad sector PADA hardisk.
3). Mematikan aplikasi dengan paksa.
4).Memeriksa kondisi hardisk.
5). Menyembunyikan file.
6). Mematikan komputer.
7). Memeriksa baterai laptop.
8). Mengetahui Mac address komputer.
9). Mengetahui tanggal instal windows.
10). Sebagai pemancar WiFi.


Selamat belajar semoga dapat membantu.



Post a Comment

0 Comments